Bidang Sosial Budaya


No1000 PPMBPGMaknanya
1Anak Nalayan mambaok cangkuah, mananam ubi di tanah darek. Baban sakoyan dapek dipikuah, budi saketek taraso barekBeban yang berat dapat dipikul, tetapi hutang budi sedikit terasa berat.
2Anak ikan dimakan ikan, gadang di tabek anak tenggiri. Ameh bukan dunsanak bukan, budi saketek urang haragoi.Hubungan yang erat sesama manusia bukan karena emas dan perak, tetapi lebih diikat oleh budi yang baik.
3Anjalai tumbuah di munggu, sugi-sugi di rumpun padi.Supayo pandai rajin baguru, supayo tinggi naikkan budi.Pengetahuan hanya di peroleh dengan berguru, kemuliaan hanya didapat dengan budi yang tinggi.
7Angguak anggak geleang amah, unjuak nan tidak babarikan.Sifat seseorang yang tidak suka berterus terang dan tidak ada ketegasan dalam sesuatu.
321Nak jan jauh panggang dari api, latakkan suatu di tampeknyo.Agar sesuatu tindakan dalam masyarakat tepat pada sasarannya maka serahkanlah sesuatu kepada ahlinya.
325Olok-olok mambao sansai, gara-gara jadi binaso Perbuatan dan tingkah laku yang tidak pada tempatnya, akan membawa akibat yang merugikan.
411Tak sio-sio tampuo basarang randah, kalau tidak ado-baado.Jangan disangka sesuatu yang dibiarkan begitu saja nampaknya, tetapi pasti ada orang yang mengawasinya.

- Sumber -
1000 Pepatah-Petitih-Mamang-Bidal-Pantun-Gurindam
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar